9 Penyakit Akibat Dari Rokok

9 Penyakit Akibat Dari Rokok – Penyakit akibat rokok memang sudah tergambar jelas dengan adanya peringatan di setiap bungkus rokok untuk menyadarkan perokok bahwa rokok sangat berbahaya terutama agi kesehatan. Dalam satu batang rokok ditemukan lebih dari seribu bahan kimia yang memiliki dampak yang snagat buruk untuk kesehatan karena dapat merusak hampir seluruh organ manusia.

Screenshot_26Dari Rp: 7,4 triyun dana yang digunakan sebagai dana jaminan kesehatan masyarakat kurang lebih Rp: 2,11 triyun digunakan untuk membiayai pengobatan penyakit akibat rokok, Dibawah ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh perokok :

  • Kanker Ginjal – Niktoin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernafasan sirkulasi dan tekanan darah.
  • Kanker Payudara – Perempuan yang emrokok lebih beresiko mengembangkan kanker payudara, Dari hasil studi menunjukan perempuan yang mulai merokok pada usia 20tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali beresiko lebih bersar terkena kanker payduara.
  • Kanker Mulut – Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut, Diketahui perokok 6x lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.
  • Kanker Pencernaan – Meskipun rokok masuk ke dalam paru-paru tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan resiko kanker gastrointestinal (pencernaan).
  • Kanker Serviks – Sekitar 30% kematian kanker serviks disebabkan oleh merokok, hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual.
  • Serangan Jantung – Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah, Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak.
  • Kanker paru – Diketahui sekitar 90% kasus kanker paru disebabkan oleh rokok, Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru.
  • Kanker Tenggorokan – Studi menemukan bahwa asap rokok dapat merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan, Sekitar 80% kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.
  • Kanker Kandung Kemih – Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40% perokok, Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-napthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.

Baca juga : Obat Penyakit Ginjal

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *