Manfaat Posisi Tidur Untuk Kesehatan

Manfaat posisi tidur untuk kesehatan – Posisi tidur memang banyak macamnya, ada yang senang tidur tengkurep, telantang, miring kek kiri atau ke kaanan. Namun tahukah anda bahwa posisi tidur ternyata bisa mempengaruhi kesehatan anda, salah satunya adalah posisi tidur dengan memiringkan badan ke kiri. Di bawah ini merupakan manfaat tidur miring untuk kesehatan :

Screenshot_11

  • Meningkatkan fungsi ginjal – Tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri juga akan meningkatkan fungsi organ ginjal sehingga penyaringan akumulasi racun mampu berjalan dengan maksimal sehingga tidak ada penumpukan racun.
  • Mencegah penyakit – Anda pasti tak menyangka bahwa tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri ternyata dapat mencegah dari penyakit serius. Ini dikarenakan posisi tidur seperti ini merupakan dominan dari sisi limfatik sehingga bisa membantu membuang semua racun melalui drainase limfatik.
  • Mencerna lemak lebih maksimal – Tidur miring ke kiri dapat membuat kerja empedu menjadi lebih ringan, sehingga fungsi empedu untuk mencerna lemak melalui proses emulsifikasi semakin maksimal. Dengan begitu, tubuh terhindar dari akumulasi lemak yang bisa memicu berbagai macam penyakit.

Baca juga : Obat Penyakit Ginjal

  • Meningkatkan fungsi jantung – Tak hanya bisa membantu mencegah penyakit, posisi tidur miring ke kiri juga bisa mengurangi beban kerja jantung saat memompa darah, karena dibantu oleh gravitasi. Sirkulasi darah ke jantung juga bisa meningkat, karena beban pembuluh darah untuk mengambil darah ke jantung berkurang.
  • Terhindar dari kelelahan – Tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri juga membuat Anda terhindar dari kelelahan, karena posisi tidur ini membuat hati dan kantung empedu menggantung secara bebas. Dampak positifnya, proses pengeluaran racun pun berjalan dengan lancar. Kondisi inilah yang membuat tubuh terhindar dari kelelahan yang tidak perlu.
  • Menyehatkan pencernaan – Selain meningkatkan fungsi ginjal, tidur miring ke kiri juga akan meningkatkan kesehatan pencernaan. Ini dikarenakan posisi tidur ini akan membuat lambung dan pankreas menggantung secara alami. Dengan begitu produksi enzim pankreas akan berlangsung maksimal dan pergerakan makanan di sistem pencernaan menjadi lebih mudah.
  • Meningkatkan pergerakan usus – Posisi tidur miring ke kiri juga akan membantu mempermudah pergerakan makanan dari usus kecil ke usus besar, sehingga proses mencerna akan lebih mudah dan limbah dari sisa makanan akan lebih mudah keluar.
  • Cegah asam lambung – Anda yang sering mengalami asam lambung naik, sangat disarankan untuk  tidur dengan posisi ini, karena tidur miring ke kiri akan membuat produksi asam lambung jadi berkurang. Tak hanya itu, jantung juga terhindar dari panasnya asam lambung.

Itulah yang bisa berikan kepada anda tentang manfaat yang di dapat bila tidur dengan posisi miring, Namun juga anda harus ketahui dengan posisi lain sehingga manfata kesehatannya akan di dapat lebih maksimal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *